RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.1. Menjelaskan
pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mengimani Kitab-kitab Allah SWT, membaca dalil naqlinya serta memahami perbedaan antara kitab dengan suhuf.
Materi
Pembelajaran
- Pengertian iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
- Dalil naqli tentang Kitab-kitab Allah SWT
- Perbedaan kitab dengan suhuf
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Mengamati
- Guru menjelaskan pengertian iman kepada kitab Allah SWT dengan memaparkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah.
2). Mencoba
- Siswa menelaah perbedaan antara kitab dengan suhuf.
3) Mengkomunikasikan
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII .
·
LKS MGMP PAI
SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian
kitab-kitab Allah.
§ Menjelaskan pengertian
iman kepada kitab-kitab Allah.
§ Menyebutkan dalil naqli
dan aqli terkait dengan iman kepada kitab-kitab Allah.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
§ Jelaskan pengertian
iman kepada kitab Allah SWT!
§ Jelaskan pengertian
kitab Allah !
§ Jelasakan perbedaan
kitab samawi dengan kitab ardhi!
§ Tulislah dalil naqli
tentang kitab Allah !
§ Jelaskan perbedaan
antara kitab dengan suhuf!
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
2.2. Menyebutkan
nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya, meyakini bahwa kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia dan Al Quran sebagai kitab suci umat Islam.
Materi
Pembelajaran
- Macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul yang menerimanya
- Kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia
- Al Quran sebagai kitab suci umat Islam
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Aprsepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan menyebutkan macam-macam kitab-kitab Allah dan rasul.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Mengamati
- Guru memberikan penjelasan mengenai kitab-kitab Allah beserta rasul penerimanya.
2). Mencoba
- Siswa menelaah tentang kitab-kitab Allah sebagai petunjuk bagi manusia serta al Quran sebagai kitab suci umat Islam..
3) Mengkomunikasikan
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan )
Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Al-Quran dan Terjemahnya
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menyebutkan nama-nama
kitab Allah beserta para Rasul yang menerimanya.
§ Menyebutkan
shuhuf-shuhuf yang diturunkan kepada para nabi dan rasul.
§ Menyebutkan isi pokok
dari kitab-kitab Allah.
|
Tes
tertulis
|
Tes isian
|
§ Kitab Injil diturunkan
kepada Nabi ....
§ Nabi Dawud menerima
kitab ....
§ Nabi Musa menerima
kitab....
§ Kitab al-Quran
diturunkan kepada Nabi....
§ Umat Islam berpedoman
kepada kitab suci ....
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar