Cute Rocking Baby Monkey

Sabtu, 12 November 2016

Membiasakan Perilaku Zuhud dan Tawakkal



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
VIII/1
Kompetensi Dasar
:
3.3. Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)

Kompetensi Inti                      :
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membiasakan diri berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.


Materi Pembelajaran   
  • Pembiasaan perilaku zuhud dan tawakal
  • Manfaat berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan

Metode Pembelajaran 
  • Tanya jawab
  • Modeling
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai nikmatnya orang yang zuhud dan tawakal.
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.

Kegiatan Inti
1). Mengamati
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Mencoba
  • Siswa melakukan kegiatan pembiasaan zuhud dan tawakal dalam berbagai kondisi (susah maupun senang).
  • Siswa melaporkan kegiatannya.
3) Mengkomunikasikan
  • Siswa menuliskan kesan-kesannya.

Kegiatan Penutup
¨       Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga.
§  Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah.
·     Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam lingkungan masyarakat
Unjuk kerja

Tes simulasi

§  Lakukan kegiatan pembiasaan zuhud dan tawakal di lingkungan rumah dan sekolah! Buatlah laporan dan tulislah kesan-kesanmu

........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP               


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar