RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
......................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3. Membiasakan
perilaku zuhud dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
Teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Materi
Pembelajaran
- Pembiasaan perilaku zuhud dan tawakal
- Manfaat berperilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan
Metode
Pembelajaran
- Tanya jawab
- Modeling
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memotivasi siswa mengenai nikmatnya orang yang zuhud dan tawakal.
- Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
Kegiatan Inti
1). Mengamati
- Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus dilakukan siswa.
2). Mencoba
- Siswa melakukan kegiatan pembiasaan zuhud dan tawakal dalam berbagai kondisi (susah maupun senang).
- Siswa melaporkan kegiatannya.
3) Mengkomunikasikan
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
Kegiatan Penutup
¨ Guru bersama siswa
melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau
tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI Kurikulum 2013 Kelas VIII
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Membiasakan perilaku
zuhud dan tawakal dalam lingkungan keluarga.
§ Membiasakan perilaku
zuhud dan tawakal dalam lingkungan sekolah.
·
Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam
lingkungan masyarakat
|
Unjuk kerja
|
Tes simulasi
|
§ Lakukan
kegiatan pembiasaan zuhud dan
tawakal di lingkungan rumah dan sekolah! Buatlah
laporan dan tulislah kesan-kesanmu
|
.........................,
................ 20.....
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
_________________ _________________
NIP NIP
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar